Dr. Sheila Buka Sosialisasi BHD, Inginkan Siswa SMP Menjadi Pelopor

RADAROKURAYA.COM – Pembukaan Sosialisasi dan Simulasi Bantuan Hidup Dasar bagi masyarakat dihadiri Ketua TP. PKK OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A., M.Kes. Sekretaris Dinas Kesehatan Yakup, SKM., M.M., Assisten 3 Sutrisno, Kepala Disporapar H.M. Supardi, MBA. dilaksanakan di Binapraja 2, Senin (14/11/2022).

Kegiatan ini didasari oleh Undang-Undang RI No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit dan Pelayanannya. Kegiatan ini diikuti oleh 30 guru olahraga dan 30 siswa SMP.

Bantuan Hidup Dasar (BHD) adalah serangkaian usaha awal untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas atau henti jantung (cardiacarrest). Pada korban tidak sadar (periksa dengan goyang-goyang dan cubit untuk memastikan).

Baca Juga  Lapor ! Dua Mobil 'Adu Kambing' di Martapura

BHD perlu dilakukan untuk mempertahankan hidup seseorang saat mengalami keadaan yang mengancam nyawa atau keadaan darurat. Bantuan hidup dasar ini dapat dilakukan oleh petugas medis maupun masyarakat umum yang sudah terlatih.

Dengan diadakan sosialisasi BHD bisa memberikan edukasi agar siswa sekolah dan masyarakat bisa berperan penting dalam memberikan pertolongan pertama pada korban sebelum tim medis datang.

Dalam sambutannya, dr. Sheila mengharapkan agar adik-adik yang hadir di sosialisasi ini menjadi pelopor terlatih memberikan batuan hidup dasar di lingkungan sekolah dan di masyarakat masing-masing, pungkasnya.

Sumber :Tim Diskominfo OKU Timur