Emak Emak Pusing,Harga Ayam Naik Jelang Idul Adha

OKU timur, Radarokuraya.com.- Harga daging ayam di Pasar impress kota martapura Kabupaten OKU Timur naik menjelang Hari Raya Idul Adha. Saat ini, harga daging ayam mencapai Rp26.000 per kilogram dari harga Rp.22.000 dan akan terus mengalami kenaikan menjelang hari H idul adha

Salah seorang pedagang,Rezi (30) mengatakan, kenaikkan harga daging ayam karena ada peningkatan permintaan dari konsumen.

“Sejak ada penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi dan kambing, permintaan daging ayam naik, sehingga harganya ikut naik,” katanya,selasa (5/7). Meski harga naik, namun omzet cenderung meningkat. Artinya, kenaikkan harga daging ayam masih terjangkau masyarakat.
“Daya beli masyarakat tidak turun meski harganya mencapai Rp.26000 per kilogram,” ujarnya.

Baca Juga  Gerak Cepat, Bupati Enos Tinjau Temuan Gas Beracun Dari Sumur di Toko Rejo

Dia mengatakan, kenaikkan harga daging ayam lazim terjadi menjelang hari raya keagamaan. Terlebih saat ini sedang ada wabah PMK pada hewan ternak, khususnya sapi dan kerbau. Dampaknya, masyarakat cenderung memilih mengonsumsi daging ayam atau ikan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani.

“Seperti beberapa konsumen saya, sejak ada PMK jadi jarang beli daging sapi. Mereka memilih ayam atau ikan,” katanya. Sementara itu, tingginya harga daging ayam dikeluhkan konsumen. Sebab, kenaikkan harga berimbas pada peningkatan pengeluaran.
“Sejak harga daging ayam naik, pengeluaran untuk belanja otomatis juga naik. Padahal anak-anak sukanya makan dengan lauk ayam. Saya berharap harganya cepat turun,” ujar salah seorang konsumen, Tutik (48) warga Martapura.ROR/Yuliansyah

Baca Juga  Hobi Bakso, Rasakan Sensasi Bakso Kuburan Mantan