Enos : Pendidikan Merupakan Kebutuhan Dasar Untuk Kita Semua

RADAROKURAYA – Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin, S.T. didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wakimin, S.Pd., M.M. menghadiri Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke 77 dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022 tingkat kabupaten. Rabu, 14 Desember 2022.

Puncak peringatan HUT PGRI dan HGN tahun ini diselenggarakan di Balai Rakyat Setda OKU Timur dan mengusung tema “Guruku Bangkit, Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat, Indonesia Maju”.

Bupati Enos dalam sambutan dan arahannya mengatakan bahwa pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama Kabupaten OKU Timur. Ia juga menyampaikan bahwa ini merupakan momen yang tepat untuk mengevaluasi diri.

Baca Juga  Enos Hadiri Program Kerja Kegiatan Sabuk Hitam LEMKARI

“Inilah saatnya kita mengevaluasi diri kita, agar bisa lebih kuat lagi dan kita harus bangkit untuk bisa menggapai Indonesia Maju, Sumsel Maju Untuk Semua dan OKU Timur Maju Lebih Mulia.” Ungkap Bupati.

Bupati Enos menuturkan bahwa dirinya tidak pernah menggunakan kewenangannya untuk mencopot dan memindahkan guru yang ada di OKU Timur, “Karena tujuan saya agar masyarakat OKU Timur lebih pintar, lebih bangkit dan bisa melebihi angka 70 yang sudah ditetapkan oleh BPS.” Tuturnya.

Bupati Enos juga mengingatkan kepada seluruh guru untuk bertransformasi di zaman digitalisasi, “Kita harus bertransformasi dengan mengikuti perkembangan zaman, kita sudah memiliki e-library dengan koleksi 1001 buku, saya harap semua guru untuk memanfaatkan ini.” Harap Bupati.

Baca Juga  Wabup Yudha Hadiri Rakor Penanggulangan Bencana dan Penyusunan Dokumen KRB

Sementara itu, Ketua Umum PGRI Kabupaten OKU Timur Surya Bakti, M.M. dalam laporannya mengatakan, “Peringatan ini sebenarnya tanggal 25 November, namun pada tanggal tersebut seluruh guru di OKU Timur mengikuti upacara di daerah masing-masing”. Imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa, “Rangkaian HUT PGRI dan HGN dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2022 di Kota Semarang dan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, pada kesempatan itu, OKU Timur mengirim 52 peserta ke Kota Semarang. Untuk tingkat provinsi dilaksanakan di Kabupaten Lahat pada tanggal 10 Desember dan kita juga mengirimkan perwakilan.” Tutupnya.

Pada kegiatan ini juga diberikan penghargaan PT. BPR Baturaja yang diserahkan langsung oleh Bupati Enos kepada Guru Berdedikasi Tinggi yang Mengabdi di Wilayah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) di Lingkungan Dinas Pendidikan OKU Timur Tingkat SD Tahun 2022.

Baca Juga  Bupati OKU Timur bersama Kemenkes dan Komisi IX DPR RI, Sosialisasi Germas di Desa Muncak Kabau

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten OKU Timur H. Beni Dafitson, S.IP., M.M., Kepala OPD, Forkopimda, Komisaris BPR Rahma Delawati dan Direktur BPR Baturaja Januar Hertanto.ROR