Menteri KKP Segera Kunjungi Kampung Patin, Enos Perintahkan Semua OPD Terkait,Berikut Penjelasanya

RADAROKURAYA.COM, – Kabupaten OKU Timur memiliki potensi yang besar untuk perikanan dan dinilai memiliki peluang besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui budidaya ikan, mengingat besarnya cakupan wilayah dan kesempatan yang besar para pembudidaya ikan untuk mengelola dan mengembangkan potensi tersebut.

Untuk itu, Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. menyatakan dukungan untuk program-program untuk mensejahterkan masyarakat di Bumi Sebiduk Sehaluan, “Sedari awal saya sangat mendukung program yang telah dan akan diluncurkan di Kabupaten OKU Timur” ungkap Bupati Enos di Ruang Audiensi, Selasa 09 Agustus 2022.

Selain itu, Bupati Enos meminta kepada OPD terkait untuk memberikan bantuan dan fasilitas untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan mengingat di awal Bulan September Menteri Kelautan dan Perikanan akan meninjau langsung progres dari Kampung Patin di OKU Timur.

Baca Juga  Pendamping Desa Se-OKU Timur Ikuti Bimtek Sertifikasi

“Awal Bulan September kemungkinan Menteri KKP akan meninjau langsung Kampung Patin di OKU Timur, untuk itu dan mendukung program kampung patin, agar segera dikordinasikan dengan PLN untuk dapat melaksanakan penyambungan listrik ke unit produksi pakan ikan” imbuh Bupati Enos.

Ditambahkannya, perlu adanya peningkatan akses jalan ke unit produksi pakan ikan mandiri dan pemantauan outcomes dari seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan pada Tahun 2022.

Sementara itu, Perwakilan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Edi Johan Fuad mengatakan bahwa total anggaran yang masuk untuk Kabupaten OKU Timur adalah Rp. 28.690.000, “OKU Timur merupakan kabupaten yang ikut dalam program kampung patin terbesar yang menerima anggaran” jelasnya.

Baca Juga  Pemkab OKU Timur Senantiasa Berikan Bantuan Bagi Warga Kurang Mampu

Edi juga menyampaikan bahwa perlu kegiatan lanjutan yang harus dilaksanakan diantaranya pengembangan selter bahan baku pakan ikan, pembangunan unit pengolahan ikan, kelanjutan pencetakan kolam patin dan pengembangan korporasi koperasi mina mitra mandiri.

Di sisi lain Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Sutrisno, S.E,. MM. mengucapkan terimakasih kepada Bupati Enos, telah senantiasa memberikan dorongan dan dukungan untuk Kampung Patin, ia juga menyatakan bahwa program ini bisa memberikan kesejahteraan untuk mendukung OKU Timur Maju Lebih Mulia.