Pertalite Akan Diganti Bahan Bakar CNG oleh Pertamina, Full Tank Bisa untuk 100 KM

RADAROKURAYA.COM – Berdasarkan kabar yang beredar, Pertalite bakal diganti bahan bakar lain oleh Pertamina, yakni CNG.

Menurut pihak PT Pertamina, pengendara yang menggunakan bahan bakar CNG bakal lebih irit 55 persen dari Pertalite.

CNG merupakan singkatan dari Compressed Natural Gas. CNG adalah gas bumi yang dipampatkan pada tekanan tinggi sehingga volumenya menjadi sekitar 1/250 dari volume gas bumi pda keadaan standar.

Yang mana, bahan bakar janis ini diklaim mampu membuat pengisian sekali full tank CNG bisa untuk 100 km untuk sepeda motor.

Selain itu, dengan menggunakan pengganti Pertalite ini dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar serta disinyalir mampu meningkatkan kesejahteraan pengguna sepada motor.

Baca Juga  3 Sosok Janda Terkaya di Indonesia, Siapakah Dia ?

Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto mengungkapkan, dalam perhitungan penggunaan BBM Pertalite 4 liter per hari maka dengan menggunakan CNG dapat menekan ketergantungan pada subsidi BBM setara 125 ribu kilo liter per tahun.

Tak hanya meningkatkan efisensi bahan bakar, Haryo pun mengungkapkan emisi gas buang CNG rendah sehingga aman bagi lingkungan.

“Komposisi utama pada CNG untuk sepeda motor adalah metana yang bersih dan beroktan tinggi yang mampu memberikan manfaat performa mesin yang baik dan gas buang yang ramah lingkungan,” ujar Haryo, melansir dari Disway.id.

Dalam pengaplikasiannya nantinya pihaknya bakal melakukan pegujian konversi CNG sebanyak 100 ribu unit sepeda motor.

Haryo menjelaskan nantinya sepeda motor tersebut bakal memasangkan ukuran tabung CNG 14 x 53 cm.

Baca Juga  Selamat ! Guru Honorer Kategori Ini Tak Perlu Ikut Tes untuk Seleksi PPPK 2022

Ukuran tabung yang kompak tersebut bisa ditempatkan pada sisi sepeda motor tanpa mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Tabung compressed natural gas (CNG) tersebut terbuat dari material baja yang berstandar kelesamatan tinggi dan memiliki kapasitas 2.5 liter atau setara premium (lsp) yang mampu menyuplai bahan bakar hingga 100 km dalam sekali pengisian penuh.

Selain untuk penggunaan di sepeda motor, Haryo pun menjelaskan bahwa CNG ini juga akan diaplikasikan pada kendaraan lain di antaranya kapal nelayan, kendaraan roda empat kecil serta truk.

Adapun penambahan konversi pada kendaraan roda empat, PGN memproyeksikan sebanyak 1.000 truk serta bus dan 18.000 kendaraan kecil.

Berita ini juga telah tayang di Radarlampung dengan Judul “Pertalite Akan Diganti Bahan Bakar CNG oleh Pertamina, Full Tank Bisa untuk 100 KM link https://radarlampung.disway.id/read/659889/pertalite-akan-diganti-bahan-bakar-cng-oleh-pertamina-full-tank-bisa-untuk-100-km

Baca Juga  Kapolda Jatim Irjen Teddy Minahasa Dikabarkan Ditangkap Kasus Narkoba