Pimpin Langsung Peringatan Hardiknas, Enos Ingatkan Tingkatkan kepercayaan diri, jiwa Nasionalis dan Optimis

Radarokuraya.com – OKU Timur, –  Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi baru dilaksanakan pada hari ini, Jumat (13/05/2022). Peringatan tersebut tidak dilaksanakan sebagaimana tanggal mestinya, yang tertuang melalui surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, nomor 28254/MPK/TU.02.03/2022 tertanggal 22 April 2022.
 
Upacara Kali ini diselenggarakan dilapangan Koni Belitang, dan dengan protokol kesehatan sejak pukul 08.00 pagi dengan tema tahun ini adalah “Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar”.

H. LANOSIN HAMZAH, S.T. Bupati Oku Timur sedang memberikan Sambutan

“Dulu pendidikan berfokus pada pencapaian, kompetensi, penguasaan materi serta ketuntasan kurikulum. Namun kini arah pembelajaran bergeser guna pemenuhan kebutuhan siswa, memang tidak mudah untuk langsung terjun ke lapangan apalagi jika hanya teori berdasarkan buku paket. Untuk itu perlu ditingkatkan kepercayaan diri, jiwa nasionalis dan optimis. Hal ini juga sesuai dengan prinsip Ki Hadjar Dewantara,” jelas Enos.

Baca Juga  Bukan Hanya Berdakwah, Sumber Kekayaan UAS bikin Pendukung UAS Syok Berat

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur, Wakimin, mengatakan, pendidikan saat ini berada  dalam transisi menuju era pasca pandemi. Untuk itu guna menuju kemerdekaan belajar dibutuhkan strategi khusus dalam periode transisi seperti ini.

“Setidaknya ada tiga strategi dalam bidang pendidikan agar kita semua lolos dan mampu bertahan dalam era pasca pandemi ini, diantaranya strategi dalam penguatan kurikulum, adaptasi kehidupan baru serta digitalisasi pendidikan,” paparnya.

Dinas Pendidikan OKU Timur juga sampai saat ini sudah tervaksin secara keseluruhan. Ia berharap dengan sudah divaksinnya ini mudah-mudahan bisa melampaui tahap taransisi pendidikan ini dengan baik.*