Popo Ali Martopo,B.Com DAN BKSDA Sumsel gelar Rakor Penanganan Konflik Gajah

RADAROKURAYA,OKU SELATAN –Bupati Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Popo Ali Martopo, B.Com., menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan terkait penanganan Konflik Gajah di Bumi Serasan Seandanan, Bertempat di Ruang Rapat Terbatas Bupati OKU Selatan, Selasa (26/7/2022).

Turut hadir dalam Rapat Koordinasi ini, Waka Polres OKU Selatan, Asisten II dan III, Para Staf Ahli, Kepala Dinas Lingungan Hidup, Kepala BPKAD, Para Camat, Kepala Dinas Kominfo, Dinas Kehutanan, BPBD, POL PP, Jajaran BKSDA Sumatera Selatan dan undangan lainnya.

Dalam Paparan Kepala BKSDA Sumatera Selatan atau yang mewakili Herman menyampaikan, pertemuan ini membahas terkait Konflik Gajah yang ada di OKU Selatan dan segera melakukan upaya percepatan untuk mengevakuasi kawanan gajah liar di dua kelompok yang berjumlah 6 Gajah, 1 Gajah di Kecamatan Mekakau Ilir dan 5 di Buay Pemaca.

Baca Juga  Pemkab Oku Selatan Dan Universitas Sriwijaya Jalin Kerjasama Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Rapat ini dalam upaya agar tidak terjadi konflik antara Gajah dengan manusia,” jelasnya.

Lanjutnta, Kedatangan kami ke OKU Selatan ini guna bersinergi dengan pihak terkait untuk segera mengatasi masalah gajah liar agar segera dapat dievakuasi.

“Untuk itu, pihaknya segera menyusun mekanisme dan teknis yang tepat dalam upaya Pemindahan dan melindungi keberadaan hewan yang dilindungi oleh negara tersebut agar tidak punah,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati OKU Selatan, Popo Ali menyampaikan ucapan terima kasih dan Pemerintah daerah mendukung penuh upaya pihak BKSDA Sumsel untuk mengevakuasi gajah liar guna mencegah konflik dengan manusia.

“Pemerintah Daerah dalam mendukung upaya jangka panjang terkait penanganan Gajah Liar yang ada di OKU Selatan telah memberikan dukungan penuh terkait mekanisme di antaranya anggaran dan yang lainnya sehingga permasalahan ini cepat terselesaikan demi kepentingan dan keselamatan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga  Pemkab OKES Gelar Rakor Persiapan Penjemputan Jamaah Haji

Ia mengajak masyarakat OKU Selatan, “Mari kita bekerjasama dari semua pihak Baik dari BKSDA, Polri, serta jajaran Pemerintah daerah yang terkait, untuk menuntaskan permasalahan Konflik Gajah di Kabupaten OKU Selatan sehingga dampaknya tidak dirasakan oleh Masyarakat terutama demi keselamatan Masyarakat,” tegasnya.ROR/Eriwidosen