Selamat ! Guru Honorer Kategori Ini Tak Perlu Ikut Tes untuk Seleksi PPPK 2022

RADAROKURAYA.COM, – kabar Gembira, setelah lika liku untuk penetapan guru honorer untuk menjadi ASN lewat PPPK 2022 kini sudah

Melalui keterangan resmi Kementerian,  PANRB telah merilis jadwal pelaksaan penerimaan PPPK untuk tahun 2022. Direncanakan pendaftaran PPPK 2022 akan dibuka pada minggu ketiga dan keempat di bulan September ini

Selain mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi ini, guru honorer juga harus tahu bagaimana skema pengangkatan agar menjadi ASN, Pasalnya, ada kategori guru honorer yang tidak perlu tes untuk mengikuti seleksi PPPK 2022 bahkan langsung mendapatkan penempatan tugas

Ketentuan ini diberikan untuk kategori guru honorer yang memiliki poin plus dengan mengikuti program Kemdikbud sebelumnya.

Baca Juga  Anak Meninggal Gagal Ginjal Akut Sudah 143, Ternyata BPOM Tidak Cek EG dan DEG Obat Sirup

bagaimana skema pengangkatan guru honorer ini dan siapa saja guru honorer yang tergolong pelamar prioritas 1, 2, 3, dan 4? Berikut penjelasannya:

1. Pelamar Prioritas 1

Guru honorer atau non ASN yang masuk kategori 1 adalah guru THK II, guru negeri dan guru swasta yang lulus passing grade pada 2021 namun belum mendapatkan formasi.

Selain itu, guru lulusan PPG yang sudah lulus passing grade dan belum mendapat formasi di PPPK 2021 juga akan menjadi pelamar prioritas 1.

Ketika pendaftaran dibuka, guru prioritas 1 akan langsung ditempatkan. Kategori prioritas 1 dapat segera login ke akun SSCASN dan melakukan konfirmasi.

Penempatan guru prioritas 1 berdasarkan data dapodik. Jika masih ada formasi yang belum terpenuhi oleh prioritas 1, maka akan dilanjutkan ke prioritas 2 dan 3.

Baca Juga  Berikut Daftar Bansos yang Cair Bulan November, Buruan Sikat!

2. Pelamar Prioritas 2

masuk pelamar prioritas 2 adalah guru THK-II yang belum ikut seleksi PPPK 2021 dan guru TKH-II yang belum lulus passing grade pada 2021,Mekanisme seleksi yang akan dilalui prioritas 2 yaitu seleksi administrasi berkas dan verifikasi. Proses seleksi dilakukan oleh pihak Kemendikbudristek.

3. Pelamar Prioritas 3

Untuk kategori ini diisi oleh guru non ASN negeri yang belum ikut seleksi PPPK 2021 dan telah terdaftar di dapodik lebih dari tiga tahun.Guru non ASN negeri yang belum lulus passing grade pada PPPK 2021 juga masuk kategori prioritas 3.

Mekanisme seleksi yang akan dilalui prioritas 3 yaitu seleksi administrasi berkas dan verifikasi. Proses seleksi dilakukan oleh pihak Kemendikbudristek. Hal ini dapat dilakukan jika formasi belum terpenuhi oleh prioritas 2.

Baca Juga  Pengakuan Penting Bripka RR Ungkap Skandal Dugaan Cinta Segi Tiga

4. Pelamar Umum atau Prioritas 4

Jika masih ada formasi, pelamar prioritas 4 akan di seleksi melalui tes CAT UTBK. Adapun pelamar prioritas 4 adalah guru honorer sekolah negeri yang masa kerjanya di bawah tiga tahun, lulusan PPG dan guru swasta.ROR