Sungai Komring Sudah Banyak Bermunculan ” Pulau – pulau ” Kecil

RADAROKURAYA.COM,OKUTIMUR. – Dengan melihat kondisi iklim saat ini, Pemerintah sudah saatnya memikirkan upaya pengembalian ( Normalisasi ) Sungai Komring yang saat ini kondisnya sangat memprihatinkan, mengalami pendangkalan dan Penyempitan, sebab kalau hal itu tidak segera dilakukan dihawatirkan hal ini akan berimbas pada nasib masyarakat yang ada di bantaran sungai yang menjadi kebanggan warga Komring tersebut, hal itu disampaikan oleh dr. H.Enda Rukmana M.Kes salah satu Tokoh Muda Oku Timur.

Menurut Tokoh Muda Komring itu bahwa dimusim kemarau sungai Komring akan mengalami pendangkalan yang sangat parah dan menyebabkan masyarakat merasakan kesulitan air, dan serta banyak menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh penggunaan air sungai sedikit serta kurang bersih sementara disaat musim penghujan air sungai Komring langsung meluap dan menyebabkan banjir dan tentu saja menimbulkan musibah dimana mana, mulai sawah, kebun, rumahpun milik wargapun direndam dan juga menimbulkan wabah penyakit.

“Saya sampaikan ini karena saya sendiri sangat merasakan, dan tinggal tinggal di bantaran sungai Komring jadi bukan mengada ada, melainkan pengalaman priadi dan pandangan pribadi, dimana ajuan normalisasi sungai Komring ini disampaikan sebagau bentuk Empati dan rasa sayang saya kepada masyarakat, dan hal tu hanya pemerintahlah yang bisa melakukannya, “ ujar dr Hi, Enda Rukmana.

Baca Juga  Para Guru MAN 1 OKU Timur Sosialisasikan Gate Ball di Lapangan KONI

Lebih jauh Hi. Enda Rukmana menerangkan dengan Normalisasi Sungai Komring ia yakin pungsu Sungai komring selama ini ( menjadi sumber kehidupan dan pendapatan rakyat di bantaran sungai Komring red ) dapat terealisasi kembali, karena selah dinormalisasi arus akan kembali tenang, dan tidak akan menimbulkan wabah penyakit karena banjir, dan bahkan masyarakat dapat kembali memanfaatkannya untuk budidaya ikan melalui keramba apung dan ahirnya Pemkab Oku Timur dapat merealisasikan Visi dan Misi Bupati Bupati Oku Timur.

Terpisah, Samsudin Wakil Ketua EMMPATI RI mendukung usulan normalisasi Sungai Komring yang disampaikan oleh dr. Hi, Enda Rukmana M.Kes, dan bahkan menurut Samsudin Normalisasi itu sudah sangat mendesak sipatnya, dengan melihat kondisi sungai saat ini.

Baca Juga  Tak Hanya Pertanian, Sektor Peternakan, Perkebunan dan Pariwisata menjadikan OKU Timur Sebagai Sorotan

“Apa yang disampaikan oleh Pak Dokter itu sebenarnya jeritan hati kami juga, saya sendiri pernah menyaksikan akibat banjir yang datang tiba tiba, padahal curah hujan tidak terlalu deras, para petani yang menggantungkan hidupnya dari bercocok tanam di bantaran sungai hanya bisa menangis, demikian juga yang sawah mereka tenggalam maupun yang rumah mereka terendam air, sedih lihatnya, dan itu hanya dapat ditanggulangi dengan normalisasi Sungai Komring,

Selain itu saya juga berharap agar pemerintah Pusat melalui Pemkab dan Pemprov Sumsel agar dapat membangun Talud atau bronjong dibantaran sungai Komring yang ada pemukiman penduduk, karena bukan 1 atau 2 rumah yang sudah menjadi korban longsor diterjang derasnya arus sungai Komring, mungkin puluhan atau ratusasan, karena memang rumah rumah penduduk asli komring ya berada di sepanjang aliran sungai Komring ,” tegas Samsudin. ROR/WN

Baca Juga  Ketua TP PKK OKU TImur Buka Sosialisasi dan simulasi BHD